October 15, 2021

Berusaha Keluar dari Pakem PKL (Praktek Kerja Lapangan)

Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu kurikulum wajib yang ada di Program Studi Manajemen, FEIS-Unira Malang. Mata Kuliah dengan bobot 3 SKS ini wajib diambil oleh mahasiswa pada semester 5 yang pelaksanaannya dengan memanfaatkan liburan semester. PKL yang selama ini melekat dengan terjun ke perusahaan untuk mendapatkan gambaran kerja sebenarnya terkadang tidak sesuai dengan harapan, mahasiswa hanya “diperbantukan” untuk mengerjakan hal-hal yang sebenarnya dikerjakan oleh office boy.

Untuk itu, maka Program Studi Manajemen berusaha mencari skema lain untuk PKL. Sejak pelaksanaan PKL Semester Ganjil 2019/2020 ada 3 mahasiswa yang melaksnakan PKL dengan skema baru. Bekerjasama dengan Desa Panggungrejo, ketiga mahasiswa tersebut akan melakukan PKL Plus di Desa Panggungrejo. Tujuan utamanya adalah pemetaan potensi desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Pemetaan potensi ini berfokus pada pemetaan potensi perekonomian, pemetaan potensi SDM dan pemetaan potensi penataan kelembagaan.

Tentunya pada kegiatan yang pertama ini mahasiswa tetap akan di pandu oleh dosen manajamen mulai dari ijin sampai pembuatan laporan. Selain kegiatan PKL, output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah pengabdian dosen dan mahasiswa manajemen serta rencana jangka panjangnya adalah menjadikan Desa Panggungrejo desa binaan Program Studi Manajemen.

Skema PKL lain yang akan ditawarkan pada mahasiswa untuk PKL selanjutnya adalah mempraktekkan ilmu yang di dapat dengan “bekerja mandiri”, dimana mahasiswa tidak harus PKL di sebuah perusahaan, tetapi bisa bekerja sendiri atau berkelompok untuk dapat menghasilkan produk atau penghasilan. Selain untuk mempraktekkan ilmu, tujuan lainnya adalah ingin merubah mindset sebagian orang bahwa bekerja itu dengan ikut orang, berangkat pagi, pakai seragam, duduk dibelakang meja, pulang sore, tiap bulan dapat gaji. Maka dengan skema ini, mahasiswa dapat merasakan bagaimana merencanakan dan mengimplementasikan ide-idenya serta menggaji dirinya sendiri tiap saat, tidak harus tiap bulan, bahkan syukur-syukur dapat menggaji orang lain. Semoga..aamiin….