Visi-Misi

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, SERTA STRATEGI PENCAPAIAN

PROGRAM STUDI MANAJEMEN

 

A. Visi

Menjadi pusat pendidikan bidang ilmu Manajemen terkemuka yang mengutamakan pada enterpreneur serta menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat yang berlandaskan nilai-nilai Islam ahlusunnah wal jama’ah tahun 2023.

B. Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran secara unggul untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang profesional dan berkualitas dalam bidang Manajemen.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu untuk menghasilkan karya akademik yang unggul dan menjadi rujukan dalam bidang Manajemen.
  3. Menyelenggarakan pelayanan kepada masyarakat melalui penerapan ilmu dan teknologi dalam bidang Manajemen

C. Tujuan

  1. Memberikan mahasiswa pengetahuan dan pemahaman yang luas tentang prinsip, konsep, terminology, tujuan dan praktek manajemen dalam organisasi.
  2. Memberikan mahasiswa kesadaran tentang peluang serta hambatan yang dimunculkan lingkungan dimana organisasi berada.
  3. Memberikan mahasiswa kemampuan menemukan, memahami, menjelaskan masalah dan merumuskan cara memecahkan masalah yang ada dalam organisasi dan mengambil keputusan yang dapat dipertanggung jawabkan.
  4. Memberikan mahasiswa ketrampilan melakukan penelitian berdasarkan pemahaman terhadap metodologi penelitian dan teknisanalisi yang relevan.
  5. Memberikan mahasiswa kesempatan untuk mengembakan soft skill, termasuk ;sikap keratif dan inovatif, mandiri dalam berfikir dan bertindak, bekerja dalam tim, berkomunikasi secara efektif, sikap dan perilaku etis.

D. Sasaran dan Strategi Pencapainnya

Sasaran yang dicapai oleh Progam Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Islam Raden Rahmat Malang adalah :

  1. Tujuan Pertama (2014-2018) : Mewujudkan Progam Studi Manajemen yang berkualitas dan profesional dalam bidang pendidikan, penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Sasaran  : 

a. Perbaikan Tata Kelola Program Studi Manajemen

b. Peningkatan Kualitas Tenaga Pendidik Progam Studi Manajemen

c. Ketepatan Masa Studi Lulusan Progam Studi Manajemen

d. Peningkatan Kualitas Input Mahasiswa

Strategi Pencapaian  :

a. Perbaikan Tata Kelola Program Studi :

  1. Melaksanakan Sistem pengelolaan fungsional dan operasional program studi mencakup planning, organizing, actuating, staffing, leading dan controlling dalam kegiatan internal maupun eksternal.
  2. Menerbitakan pedoman Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Standar Operasional Manajemen (SOM).
  3. Melaksanakan budaya organisasi yang mencerminkan tegaknya aturan, tata cara pemilihan pimpinan, etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi.
  4. Melaksanakan evaluasi tata kelola progam studi manajemen sesuai dengan peraturan dan prosedur yang jelas.
  5. Menyelenggarakan gugus penjamin mutu progam studi manajemen.

b. Peningkatan Kualitas Tenaga Pendidik Progam Studi Manajemen

  1. Memberi kesempatan tenaga dosen untuk melanjutkan pendidikan.
  2. Melaksanakan penelitian bersama antara dosen dan mahasiswa
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat

c. Ketepatan Masa Studi Lulusan Progam Studi Manajemen

  1. Menerbitkan pedoman akademik Kurikulum berbasis KKNI.
  2. Menyelenggarakan dosen penasiahat akademik (dosen wali).
  3. Menerbitkan lembar kendali mahasiswa.
  4. Menyelenggarakan kualitas proses pembelajaran.
  5. Melaksanakan monitoring dan evaluasi pembelajaran.

d. Peningkatan Kualitas Input Mahasiswa

  1. Memperketat seleksi adminitrasi calon mahasiswa.
  2. Melakukan tes tulis dan tes lisan.
  3. Melakukan seleksi penerimaan mahasiswa lewat jalur prestasi.
  1. Tujuan Kedua (2019-2023) :Mengembangkan progam studi manajemen yang memiliki daya saing.

Sasaran :

a. Transparansi sistem informasi Program Studi berbasis IT.

b. Pemutakhiran kurikulum sesuai dengan tuntutan pengguna.

c. Peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas lulusan.

d. Peningkatan kualitas SDM dan daya dukung program studi

e. Memperkuat jaringan kerjasama, regional, nasional dan internasional

Strategi Pencapaian  :

a. Transparansi sistem informasi Program Studi Manajemen berbasis IT.

  1. Menciptakan Web Pembelajaran untuk mahasiswa
  2. Menciptakan blog Dosen (bahan presentasi/Bahan Refrensi)
  3. Menciptakan sistem informasi manajemen akademik on line

b. Pemutakhiran kurikulum sesuai dengan tuntutan pengguna.

  1. Menerbitkan pedoman akademik dan peraturan akademik dengan selalu melakukan kajian sesuai dengan tututan global.
  2. Membentuk Gugus Penjaminan Mututingkat progam studi.

c. Peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas lulusan.

  1. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran.
  2. Menciptakan atmosfer akademik yang kondusif.
  3. Mengoptimalkan peran Dosen Penasehat Akademik (Dosen Wali).
  4. Menerbitkan pedoman penulisan tugas akhir.
  5. Memfasilitasi proses bimbingan skripsi secara periodik.
  6. Mengefektifkan monitoring dan evaluasi bimbingan skripsi.
  7. Memberikan reward bagi mahasiswa yang berprestasi dan lulus tepat waktu.

d. Peningkatan kualitas SDM dan daya dukung program studi

  1. Meningkatkan kualitas tenaga dosen.
  2. Meningkatkan monitoring dan evaluasi kinerja dosen.
  3. Memfasilitasi dosen dalam kegiatan penelitian.
  4. Mengalokasikan anggaran untuk kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah.
  5. Memberikan reward bagi dosen yang karya ilmiahnya dipublikasikan dalam jurnal ilmiah nasional terakreditasi.

e. Memperkuat jaringan kerjasama, regional, nasional dan internasional

  1. Menjalin kerjasama dengan instansi terkait yang seseuai dengan visi dan misi progam studi manajemen
  2. Mengalokasikan dana dan fasilitas bagi dosen untuk melakukan pengabdian masyarakat.
  3. Memanfaatkan setiap peluang dari pihak-pihak penyandang dana untuk melakukan pengabdian masyarakat.
  4. Melibatkan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen.