VISSION, MISSION, OBJECTIVE AND STRATEGY

VISI, MISI, TUJUAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN

PROGRAM STUDI MANAJEMEN

A. Visi

Menjadi pusat pendidikan bidang ilmu manajemen dengan keunggulan kompetitif global yang berjiwa wirausaha dan berkesadaran nilai-nilai khayra ummah pada tahun 2036.

B. Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran secara unggul dan berdaya saing global untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang profesional, berkualitas dan berjiwa wirausaha serta berkesadaran nilai-nilai khayra ummah dalam bidang manajemen.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian dan kewirausahaan yang berkarakter nilai-nilai kearifan lokal dalam bidang manajemen.
  3. Mencerahkan, menginspirasi, dna melayani masyarakat lokal maupun global melalui kegiatan-kegiatan yang kreatif, inovatif dan bermanfaat melalui penerapan ilmu dan teknologi dalam bidang manajemen.

C. Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang beretika, berjiwa kewirausahaan, berkesadaran nilai-nilai khayra ummah dan kepemimpinan serta mampu berkompetisi secara global;
  2. Menghasilkan kualitas belajar mengajar di bidang ilmu manajemen sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi;
  3. Menghasilkan kualitas dan kuantitas penelitian dan publikasi ilmiah di bidang ilmu manajemen berbasis kearifan lokal dan berwawasan global;
  4. Menghasilkan kualitas dan kuantitas pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu manajemen yang adaptif dan aplikatif sesuai dengan dinamika lingkungan.

D. Sasaran dan Strategi Pencapainnya

Sasaran yang dicapai oleh Progam Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Raden Rahmat Malang adalah:

  1. Tujuan Pertama (2014-2018) : Mewujudkan Program Studi Manajemen yang berkualitas dan profesional dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Sasaran: 

  1. Perbaikan Tata Kelola Program Studi Manajemen
  2. Peningkatan Kualitas Tenaga Pendidik Program Studi Manajemen
  3. Ketepatan Masa Studi Lulusan Progam Studi Manajemen
  4. Peningkatan Kualitas Input Mahasiswa

Strategi Pencapaian:

a. Perbaikan Tata Kelola Program Studi :

  1. Melaksanakan Sistem pengelolaan fungsional dan operasional program studi mencakup planning, organizing, actuating, staffing, leading dan controlling dalam kegiatan internal maupun eksternal.
  2. Menerbitkan pedoman Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Standar Operasional Manajemen (SOM).
  3. Melaksanakan budaya organisasi yang mencerminkan tegaknya aturan, tata cara pemilihan pimpinan, etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi.
  4. Melaksanakan evaluasi tata kelola program studi manajemen sesuai dengan peraturan dan prosedur yang jelas.
  5. Menyelenggarakan gugus penjamin mutu program studi manajemen.

b. Peningkatan Kualitas Tenaga Pendidik Program Studi Manajemen

  1. Memberi kesempatan tenaga dosen untuk melanjutkan pendidikan.
  2. Melaksanakan penelitian bersama antara dosen dan mahasiswa.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat.

c. Ketepatan Masa Studi Lulusan Program Studi Manajemen

  1. Menerbitkan pedoman akademik Kurikulum berbasis KKNI.
  2. Menyelenggarakan dosen penasehat akademik (dosen wali).
  3. Menerbitkan lembar kendali mahasiswa.
  4. Menyelenggarakan kualitas proses pembelajaran.
  5. Melaksanakan monitoring dan evaluasi pembelajaran.

d. Peningkatan Kualitas Input Mahasiswa

  1. Memperketat seleksi adminitrasi calon mahasiswa.
  2. Melakukan tes tulis dan tes lisan.
  3. Melakukan seleksi penerimaan mahasiswa lewat jalur prestasi.

2. Tujuan Kedua (2019-2023): Mengembangkan program studi manajemen yang memiliki daya saing.

Sasaran:

  1.  Transparansi sistem informasi Program Studi berbasis IT.
  2. Pemutakhiran kurikulum sesuai dengan tuntutan pengguna.
  3. Peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas lulusan.
  4. Peningkatan kualitas SDM dan daya dukung program studi
  5. Memperkuat jaringan kerjasama, regional, nasional dan internasional

Strategi Pencapaian:

a. Transparansi sistem informasi Program Studi Manajemen berbasis IT.

  1. Menciptakan website pembelajaran untuk mahasiswa.
  2. Menciptakan blog dosen (bahan presentasi/bahan referensi).
  3. Menciptakan sistem informasi manajemen akademik online.

b. Pemutakhiran kurikulum sesuai dengan tuntutan pengguna.

  1. Menerbitkan pedoman akademik dan peraturan akademik dengan selalu melakukan kajian sesuai dengan tututan global.
  2. Membentuk Gugus Penjaminan Mutu tingkat program studi.

c. Peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas lulusan.

  1. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran.
  2. Menciptakan atmosfer akademik yang kondusif.
  3. Mengoptimalkan peran Dosen Penasehat Akademik (Dosen Wali).
  4. Menerbitkan pedoman penulisan tugas akhir.
  5. Memfasilitasi proses bimbingan skripsi secara periodik.
  6. Mengefektifkan monitoring dan evaluasi bimbingan skripsi.
  7. Memberikan reward bagi mahasiswa yang berprestasi dan lulus tepat waktu.

d. Peningkatan kualitas SDM dan daya dukung program studi.

  1. Meningkatkan kualitas tenaga dosen.
  2. Meningkatkan monitoring dan evaluasi kinerja dosen.
  3. Memfasilitasi dosen dalam kegiatan penelitian.
  4. Mengalokasikan anggaran untuk kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah.
  5. Memberikan reward bagi dosen yang karya ilmiahnya dipublikasikan dalam jurnal ilmiah nasional terakreditasi.

e. Memperkuat jaringan kerjasama, regional, nasional dan internasional.

  1. Menjalin kerjasama dengan instansi terkait yang sesuai dengan visi dan misi program studi manajemen.
  2. Mengalokasikan dana dan fasilitas bagi dosen untuk melakukan pengabdian masyarakat.
  3. Memanfaatkan setiap peluang dari pihak-pihak penyandang dana untuk melakukan pengabdian masyarakat.
  4. Melibatkan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen.